Sejarah Mobil
Mulai berkembangnya IPTEK membuat para ahli berpikir bagaimana caranya menempuh jarak jauh dalam waktu yang relative singkat, tidak lagi seperti dulu, berjalan kaki yang memerlukan waktu berhari – hari bahkan berminggu – minggu.
Sejarah Penemuan Mobil
Penemu Mobil Bermesin Uap Minyak Bumi oleh Henry Ford (1863-1947)
MOBIL pertama dengan prinsip kendaraan bermotor berhasil ditemukan pada tahun 1769. Penemunya adalah Nicholas Joseph Cugnot (1725-1804), dengan mobil bermesin tenaga uap air. Kemudian teknologi mesin uap ini lebih banyak digunakan sebagai tenaga penggerak lokomotif kereta api. Seperti roda mobil, revolusi mesin penggerak kendaraan terus menggelinding. Setelah temuan mesin uap, kini giliran mesin dengan tenaga uap minyak bumi yang diterapakan untuk menggerakkan kendaraan.
Henry Ford, dialah orang yang berhasil membuat mobil dengan mesin uap minyak bumi. Henry Ford lahir pada tanggal 30 Juli 1863. Ia berasal dari keluarga petani miskin. Ketiadaan biaya membuatnya sekolah hanya sampai di bangku SD. Inspirasi pertamanya terjadi pada pertengahan tahun 1875. Saat itu ia dibawa ayahnya naik kereta kuda ke arah Detroit. Pada saat jalan-jalan itulah, Henry menyaksikan kereta yang dapat berjalan sendiri tanpa ditarik kuda. ?Kereta yang jalan sendiri itu tiba-tiba berhenti, mempersilahkan kami yang di atas kereta kuda untuk lewat,? kata Henry dalam biografinya.
Sang ayah yang melihat anaknya takjub langsung menghentikan kereta kudanya. Mereka berkenalan dengan orang yang berada di atas kereta yang dapat berjalan sendiri itu. Ternyata kejadian itu menghilangkan minat Henry di bidang pertanian. Selepas membantu ayahnya di perkebunan, Henry menghabiskan seluruh waktunya di bengkel kecil di sebuah gudang pertanian milik ayahnya.
Ketertarikannya pada bidang permesinan membuat Henry memutuskan magang di Drydock Engine Works. Keputusan itu sempat membuat ayahnya murka. Tetapi, Henry mendapat kemajuan yang pesat di tempat magangnya itu, sehingga ayahnya pun mendukungnya. Dalam sejarah Drydock Engine Works, mereka yang magang membutuhkan waktu latihan selama tiga tahun untuk menjadi seorang ahli mesin.
Tapi, Henry hanya butuh latihan kurang dari satu tahun untuk menjadi ahli mesin yang benar-benar andal.
Beberapa saat setelah selesai magang di Drydock Engine Works, Henry mendapat tawaran untuk bekerja sebagai ahli mesin di Detroit Edison Company. Di tempat ini Henry menyadari keterbatasan pengetahuan yang hanya didapat saat magang. Karena itu, ia menambah pengetahuannya dari majalah-majalah ilmiah yang terbit saat itu. Juga ia melakukan penelitian di gudang kecil belakang rumah sewaannya. Dalam salah satu edisi majalah, Henry membaca tentang terciptanya suatu mesin baru yang dinamakan ?oto?, yakni mesin gas yang halus, yang dalam sejarah otomotif diklasifikasikan sebagai pendahulu mobil yang sekarang.
Dalam majalah itu pula dituliskan bahwa suatu masa nanti, gas menjadi alat penerangan dan tidak lagi digunakan sebagai penggerak mesin, tetapi diganti dengan bahan bakar hasil penguapan minyak bumi.
Bahasan dari majalah itu mendapat tantangan dari para pakar mesin saat itu. Menurut mereka, sangat mustahil gas digantikan dengan uap minyak bumi untuk menggerakkan mesin mobil. Tetapi, bagi Henry tidak demikian. Dengan prinsip hidupnya yang tidak mengenal putus asa ia tetap melakukan percobaan demi percobaan di gudang pertanian milik keluarganya.?Dari tahun ke tahun percobaan saya gagal. Tapi, karena prinsip hidup saya tidak mengenal putus asa, kegagalan bukan hal yang saya takutkan. Justru kegagalan makin memacu semangat saya untuk tekun dan lebih teliti lagi,? katanya.
Pada tahun 1892, atau persis 17 tahun setelah Henry pertama kali menyaksikan kereta yang jalan sendiri tanpa ditarik kuda, Henry Ford menggemparkan penduduk Detroit. Ia keluar dari bengkelnya dengan menunggang ?kuda besi? yang mesinnya digerakkan oleh uap minyak bumi. Sesuatu yang mustahil berhasil diwujudkan oleh Henry. Ia berhasil membuat mobil pertama dalam peradaban manusia, yang mesinnya digerakkan uap minyak bumi.
Henry langsung ditawari jabatan tinggi dan gaji berlipat oleh perusahaan Detroit Edison Company. Tetapi, ia malah mengundurkan diri, dengan alasan jika jabatan itu diterima, maka waktu dan seluruh tenaganya akan tersita habis di perusahaan sehingga ia tidak punya waktu luang untuk penelitian lebih lanjut di bengkel milik ayahnya.
Lepas dari perusahaan itu, Henry berhasil membujuk beberapa usahawan untuk mendirikan Detroit Auto Mobil Company. Di sana ia diangkat sebagai kepala ahli mesin. Ternyata banyak ketidakcocokan antara Henry dengan pemilik modal. Henry meminta sejumlah dana untuk pengembangan penelitiannya, tetapi usul itu tidak disetujui. Pemilik modal hanya menginginkan mobil ciptaan Henry yang pertama saja yang diproduksi. Akibatnya, penjualan Detroit Automotif dalam waktu satu tahun tidak lebih dari lima atau enam unit mobil. Pada pertengahan Maret 1902, Henry mengundurkan diri dari Detroit Automobil. Dengan modal yang sangan minim, ia nekat mendirikan Ford Motor Company.
Untuk memperkenalkan produksinya, Henry merancang dua unit mobil untuk balapan yang diberi nama ?999? dan ?Arrow?. Pada musim balapan 1903, kedua mobil itu diikutsertakan dan langsung keluar sebagai pemenang. Dari sanalah publisitas produk-produk Ford Motor melesat. Ford Motor Company mulai merangkak naik. Tahun 1905, produksi Ford laku terjual 1.700 unit.
Henry terus berusaha meningkatkan kinerjanya dengan menciptakan Ford model T yang sangat terkenal. Dialah orang yang pertama menciptakan sistem perakitan mobil secara berurutan dan serba mekanis. Pabrik Ford Motor terus diperluas ke berbagai negara. Henry Ford meninggal pada tahun 1947 diusianya yang ke-84 tahun, dan pada saat itu produksinya bisa mencapai 4.000 unit per hari. Tahun 1960, Ford Motor Company merupakan perusahaan terbesar kedua di dunia.
Penemu Mobil Dengan Bahan Bakar Bensin
Karl Benz (25 November 1844 - 4 April 1929)
Karl Friedrich Benz adalah sarjana dari Jerman yang dikenal sebagai penemu dari mobil dengan bahan bakar bensin (gazoline). Walaupun pada saat yang bersamaan Gottlieb Daimler yang berpasangan dengan Wilhelm Maybach juga bekerja meneliti mesin dengan bahan bakar bensin juga, Benz terlebih dahulu menyelesaikan penemuan itu dan mempatenkan penemuan tersebut pada tahun 1879.
Tahun 1885, Karl Benz membangun Motorwagen, mobil pertama yang dijual secara komersil. Mobil tersebut adalah mobil dengan mesin empat langkah dengan bahan bakar bensin hasil rancangannya. Benz juga merupakan penemu dari komponen mobil seperti pengapian mobil, busi, sistem transmisi mobil, radiator air dan karburator.
Karl Benz lahir dengan nama Karl Friedrich Michael Vaillant, di Karlsruhe Jerman. Saat Benz berusia 2 tahun, ayahnya (Johann George Benz) meninggal karena kecelakaan dan untuk itu nama Karl Friedrich Michael Vaillant diganti menjadi Karl Friedrich Benz untuk mengingatkannya pada ayahnya. Walaupun saat itu keluarganya hidup dalam kemiskinan, ibunya bersikeras untuk memberikan pendidikan yang baik untuk Benz. Pada umur 9 tahun, benz menunjukkan rasa tertarik pada ilmu sains. Benz melanjutkan pelajarannya di universitas politeknik Karlsruhe dibawah bimbingan Ferdinand Redtenbacher yang dikenal sebagai orang yang merintis jurusan mesin (mechanical engineering) di universitas.
Pada umur 15 tahun, Benz berhasil lulus ujian masuk untuk sarjana mesin di University of Karlsruhe, dimana Benz lulus dari universitas itu pada usia 19 tahun. Pada masa-masa itu, sambil mengendarai sepedanya, Benz selalu memikirkan konsep tentang sebuah mobil, sebuah kereta kuda tanpa kuda.
Motorwagen, mobil pertama dengan bahan bakar bensin
Pada tahun 1871, di usia 27, Benz bergabung dengan temannya membuka satu bengkel (workshop) di Mannheim, yang juga menjual peralatan konstruksi. Tetapi bengkel dan workshop tersebut mengalami kerugian karena temannya terbukti tidak dapat dipercaya dan pemerintah terpaksa menyita aset bisnis Benz.
Benz terus berusaha mengembangkan mesin baru, untuk mendapatkan penghasilan, di tahun 1878, Benz mulai mengerjakan penemuan-penemuannya dan berusaha untuk mempatenkannya. Penemuan yang dipatenkan pertama kali adalah mesin dua langkah, selanjutnya berturut-turut dia juga mempatenkan system pengapian, busi, karburator, clutch, gigi transmisi dan radiator air.
Tahun 1883, Benz membuka perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Dengan cepat perusahaan itu berkembang menjadi besar dan mulai memproduksi mesin berbahan bakar bensin. Kesuksesan perusahaannya memberikan kesempatan kepada Benz untuk mulai mewujudkan mimpinya, yaitu kereta tanpa kuda. Saat Motorwagen di buat dan di uji, banyak orang yang tertawa mengejek karena mobil pertama tersebut sering menabrak tembok karena sangat sulit untuk dikendalikan. Tetapi setelah Motorwagen disempurnakan dan mulai di ujikan di jalan raya, perhatian orang menjadi tertuju pada kereta tanpa kuda itu. Motorwagen menjadi cikal-bakal dari mobil modern yang kita kendarai sekarang.
DESIGN MOBIL
Penemuan – penemuan mobil tersebut belum membuat para ahli dan penemu mobil tersebut bangga dengan penemuannya, justru ingin terus melanjutkan penelitiannya, diantaranya model dan design mobil tersebut, karena tanpa didesign secara cermat, setelah diteliti ternyata berpengaruh terhadap kecepatan dari gaya gesekan terhadap udara.
Setelah Perang Dunia II, desain mobil-mobil Jerman menggunakan nilai-nilai baru, di mana performa mobil dan karakter merek harus tercermin dalam tampilan dan sosok mobil. Dengan demikian, orang-orang yang bekerja di departemen desain menghadapi tugas baru yang lebih berat, seiring dengan semakin lebarnya rentang model yang dikeluarkan masing-masing merek mobil. Pada saat yang sama, mereka pun diharapkan muncul dengan desain-desain yang menggabungkan keaslian dengan kosmopolitan.
Sampai awal tahun 1990-an, Mercedes Benz lebih menyerupai raksasa yang tidur, bergantung pada reputasi sporty-nya, teladan dalam perangkat keamanan pasif, dan kesempurnaan teknik.
Fungsi dan kesempurnaan teknik jelas merupakan faktor yang mendominasi, dan desain merupakan prioritas ketiga yang teratas. Mengingat Mercedes Benz membuat mobil sesuai dengan tuntutan kemajuan teknis mobil tersebut. Desain Porsche pada saat itu ,tahun 1990-an, didasarkan kepada ha-hal yang masih tetap digunakan pada tahun 2004, yakni mitos.
Pada pertengahan tahun 1970-an, Volkswagen juga berada di tengah-tengah perubahan yang radikal dalam hal desain. Polo yang baru dan Golf yang pertama sudah mengambil bentuk mobil masa depan.
Baru pada akhir tahun 1980-an, desain dakui dan diterima sebagai bagian yang berdiri sendiri (otonomi) dalam pengembangan sebuah mobil.
Kecepatan Mobil
Setelah mobil tersebut mempunyai design atau model yang baik, kecepatan adalah tujuan berikutnya dalam pengembangan IPTEK ini, berbagai mobil dengan bermacam – macam design telah dilakukan pengujian kecepatan terutama pada lintasan lurus.
10 M0BIL TERCEPAT DI DUNIA.
1. Ultima GTR = 9.4 detik.
Kurang dari dua bulan lalu, perusahaan otomotif Inggris menempatkan produksinya sebagai mobil tercepat di jalan raya. Berbekal mesin Chevrolet V8 yang memproduksi 730hp, mengantarkan model ini masuk ke Guinness Book of World Records, mengalahkan Veyron. Ultima GTR 0-60 dalam 2.6detik, 0-100mph 5.3 detik dan mengerem ke 0 dalam 3.6 detik. Mobil ini tidak menggunakan traksi kontrol ABS.
2. Bugatti Veyron = 16.4 9.9 detik
Bila supercar lainya punya interior sempit, berisik dan panas, maka Veyron menawarkan kenyaman dan kenikmatan kepada dua penumpangnya setara mobil mewah. Bobot Veyron hampir dua ton, menjadikannya yang terberat dalam daftar sepuluh mobil ini. Namun bobot itu tidak mampu menahannya meroket 0-100-0 kurang dari sepuluh detik dengan top speed 253mph (410km/jam). Mesin W16-nya memproduksi 1001hp.
3. Ariel Atom = 10.88 detik
Dengan harga satu Carrera GT, bisa diapat satu lusin model ini. Atom diproduksi perusahaan otomotif kecil di Inggris dengan hanya sepuluh pekerja. Menggunakan mesin Honda yang dicomot dari Civic Type-R, dikombinasikan dengan supercharger untuk mengail daya maksimal 300hp. Dengan bobot hanya 456kg, Atom bisa melesat dari diam ke 60mph dalam 2.9 detik.
4. Ferrari Enzo = 10.9 detik
Inilah Ferrari tercepat sepanjang sejarah yang diberi seperti nama pendiri perusahaan kuda jingkrak. Mobil inilah yang mengusur sang legendaris McLaren F1 disemua kategori, termasuk akselerasi dan kecepatan maksimal. Hanya 399 unit Ferrari Enzo yang diproduksi.
5. McLaren F1 LM = 11.5 detik
Mobil yang diciptakan semata-mata untuk menjadi yang tercepat. Proses penciptaan yang tak kenal kompromi membuat super car ini memegang mahkota mobil tercepat selama 10 tahun. Selama itu, penantang yang datang silih berganti gagal menggusurnya. Mesin BMW V12 627hp membuat mobil ini melesat hingga 240mph (389km/jam).
6. Porsche Carrera GT = 11.6 detik
Model produksi massal paling bertenaga yang pernah dibuat Porsche. Mesin V10 5.7 liter yang diposisikan ditengah adalah salah satu yang paling canggih di segmen GT car. Mobil ini hampir seluruhnya dibuat dari serat karbon dan material komposite. Dengan penjualan 1,270 unit diseluruh dunia, inilah super car paling sukses sepanjang masa.
7. Pagani Zonda = 11.8 detik
Kombinasi tradisi balap Italia dengan ketangguhan engineering Jerman menghasilkan supercar ini. Mesin Mercedes-Benz AMG 7.3 liter memproduksi 555hp yang mendorong supercar melesat dari diam ke 60mph dalam 3.4 detik dan kecepatan maksimum 220mph (356km/jam).
8. Caterham CSR260 = 11.95 detik
Perusahaan otomotif Inggris ini punya sejarah panjang sebagai produsen mobil tercepat (0 - 60mph dalam 3 detik). Sekali lagi, mobil ini menunjukkan tenaga gede bukan segalanya. Caterham CRS260 menggunakan mesin 2.3 liter 250hp dengan bobot hanya 555kg, sehingga rasio daya dan bobot menjadi 0.5hp perkg.
9. Porsche 911 Turbo = 12.5 detik.
Berkat sistem penggerak roda yang nyaris sempurna mencegah roda tergelincir, seluruh daya -480hp- yang diproduksi mesin bisa ditransfer seluruhnya menjadi daya gerak. Ini juga membuktikan power raksasa bukan yang terpenting.
10. Lamborghini Gallardo = 13.65 detik
Dalam uji 0-100-0 mph, Lamborghini Gallardo lebih cepat dari saudaranya, Diablo yang lebih besar dan lebih kuat, karena bobotnya lebih ringan. Gallardo, model Lamborghini paling laris sepanjang masa, menggunakan mesin V10, 5.0 liter 520hp.
MOBIL AMFIBI
Setelah penelitian lebih lanjut, ternyata hamper semua mobil tersebut mengalami kerusakan atau gangguan jika terjadi banjir, maka sekarang telah ditemukannya Mobil Amfibi yang diciptakan untuk bisa ditempatkan di kondisi daratan dan perairan dalam sampai dengan kedalaman 10 meter, tidak hanya itu, mobil ini juga tidak menghasilkan karbondioksida sama sekali dan baik untuk lingkungan.
MOBIL ENERGI SURYA
Dengan terbatasnya sumber energi seperti Minyak bumi, maka para ahli berusaha membuat mobil yang energinya relative tidak akan habis, dan sekarang hal itu terbukti, di Jepang telah ada mobil dengan hanya menggunakan energi surya, dan ini sangatlah ramah terhadap lingkungan. Mobil ini untuk sementara dibuat dalam jumlah terbatas karena harga yang ditawarkan juga relative mahal.
MANFAAT DAN KERUGIAN MOBIL
Setiap menemukan hal baru, pasti mempunyai akibat positif dan negatif terhadap lingkungan sekitarnya, begitu juga dengan mobil yang mempunyai manfaat dan kerugian sebagai berikut.
MANFAAT MOBIL
1. Mempersingkat waktu tempuh jarak dan transportasi,
2. Membuka lowongan kerja dalam dunia industri,
3. Memacu kreatifitas dan seni dalam merakit mobil,
4. Meningkatkan taraf kehidupan masyarakat,
5. Memacu Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi,
DAMPAK NEGATIF MOBIL
1. Mempercepat habisnya sumber energi bumi, seperti minyak bumi,
2. Kecelakaan menyababkan kematian,
3. Dapat menghasilkan polusi lingkungan, seperti udara dan suara,
4. Limbah mobil dapat mencemari lingkungan
Komentar