Beberapa Pertanyaan dalam Interview User di Dunia Kerja

Assalamualaikum Wr WB
Alhamdulillah pada kesempatan ini saya bisa menulis beberapa kumpulan pertanyaan dalam Interview User yang mungkin akan diajukan dari User ke teman-teman khususnya bagi yang baru menamatkan kuliahnya khususnya di Jurusan Teknik Elektro.
Pertanyaan ini khusus untuk teman-teman lulusan Teknik Elektro Baik itu D3 ataupun S1 khusus program studi Tegangan Tinggi ya,

Dari beberapa pengalaman test dan cerita dari teman2 lain saya dapat merangkumnya sebagai Berikut:

1.  Coba anda jelaskan semua tentang Tugas akhir atau skripsi anda, Prinsip Kerja, fungsi, aplikasi atau fungsinya dalam kehidupan sehari-hari, software apa yang anda gunakan, apa hasil dari Tugas Akhir anda.

2. Coba anda buatkan SINGLE LINE diagram, buat rating tegangannya, bedakan mana area PEMBANGKIT, mana area TRANSMISI, sampai dengan DISTRIBUSI primer dan sekunder.  Apa perbedaan antara Single Line diagram dengan Wiring Diagram. Kapan kita menggunakan Single Line dan kapan kita menggunakan Wiring diagram.

3. Kenapa dalam single line diagram tersebut harus dinaikkan/turunkan tegangannya, apa tujuan dari dirubahnya rating tegangan dari Single Line diagram tersebut, kenapa tidak pakai rating tegangan pembangkit 380V aja, kan ujung-ujungnya kita juga pakai tegangan 380 atau 220V.



4. Buat segitiga daya, jelaskan apa perbedaan ketiga daya tersebut. Apa rumus yang terdapat dalam segitiga daya itu. Jelaskan apa itu Power Factor. Bagaimana cara menaikkan powerfaktor.

5. Apa itu Generator : Fungsi, Prinsip Kerja, macam2 generator, aplikasi generator, Sistem proteksi yang terdapat pada generator, rangkaian ekivalennya.

6. Apa itu Transformator: Fungsi, Prinsip Kerja, macam2 transformator, aplikasi trafo, Sistem proteksi yang terdapat pada transformator, rangkaian ekivalennya.

7. Apa itu Motor: Fungsi, Prinsip Kerja, macam2 motor, aplikasi motor, Sistem proteksi yang terdapat pada motor, rangkaian ekivalennya.

8. Apa itu switchgear? Fungsi, jenis-jenis switchgear, aplikasinya, sistem proteksi yang ada pada switchgear, Apa itu Circuit breaker? Media apa saja yang bisa digunakan dalam CB?

9. Apa yang anda ketahui tentang MCC (Motor Control Center)? Apa saja jenis dari MCC, fungsi, jelaskan apa yang anda ketahui dengan : DOL (Direct On Line), Star Delta, SoftStarter, VSD (Variable Speed Drive), Auto Transformator. Apa kelebihan dari masing2 jenis MCC tersebut.

10. Nah berikut soal studi kasus ya...,
Saya mempunyai beban listrik diantaranya motor sebagai berikut :
10 unit motor listrik 3 fasa 100kW, 380V, Cos phi 0.9
5 unit motor listrik 3 fasa 50Hp (Horse Power), 220V, Cos phi 0.8
8 unit motor listrik 3 fasa 300kW, 3300V, Cos phi 0.9
5 unit motor listrik 3 fasa 100Hp, 600V, Cos phi 0.9
Jika incoming dari PLN nya 20kV, dan Emergency Generator saya punya 500kVA dengan tegangan 20kV,
Pertanyaannya :
 * Buat single Line diagramnya
 * Berapa unit Power transformator yang akan saya gunakan, kapasitas trafonya berapa saja?
 * Apakah cukup emergency Generator saya menyuplai beban jika PLN off?
 * Jika generator tidak cukup, berapa kapasitas tambahan generator yang diperlukan? Jika diparalelkan dengan generator lain, apa aja syaratnya?
 * Sebutkan sistem proteksi untuk setiap unit electrical yang diperlukan, baik itu generator, motor, trafo.
 * Jika saya akan menambah beban dengan 8 Unit motor 380V 100kW cos phi 0.9, berapa kapasitas trafo dan generator tambahan yang akan digunakan.



Masih ada banyak pertanyaan user lainnya yang mungkin belum tertuliskan dalam blog ini, ini hanya fokus untuk Tegangan tinggi ya, mungkin kalau ada yang ragu bisa lewat telpon kok, ada nomornya dibawah.

Kalau mau minta Bahan jawaban dari pertanyaan diatas juga boleh, bisa kontak via Email :-)

Sebenarnya pertanyaan dari User kepada kita tidak lepas dari apa yang kita pelajari di Bangku Perkuliahan, balik ke kita lagi apakah kita serius atau tidak dalam kuliah akan terlihat dari kesiapan kita dalam menghadapi atau masuk dalam dunia kerja,

So..., GOOD LUCK untuk teman2 yang baru lulus..., Fresh Graduate,
Siapkan dirimu untuk menjadi yang terbaik,,, dan berikanlah yang terbaik...,
Ingat bagi kamu yang merantau keluar kota, jangan sia2kan kepercayaan orangtuamu...,
berusahalah maksimal, jangan putus asa, jangan kecewakan orangtuamu yang menantikan kabarmu untuk segera sukses...,

Welcome to Real World..., ya..., inilah dunia yang sebenarnya...,
ketika kita berusaha mulai dari nol,
usaha dengan kemampuan dan pengetahuan serta skill yang kita miliki, Yakinkanlah perusahaan yang akan kamu tuju bahwa kamu berpotensi dan mempunyai kontribusi untuk perusahaan nanti, Jika ada yang ingin konsultasi via telp langsung boleh, silahkan hubungi saya di 085263916021 .

Gratis konsultasi, tapi telpnya jangan malam dan di hari libur ya.., Oke..,
Semoga berhasil,
Mulailah dengan Basmallah...,
Usaha dan iringi dengan doa...,

InsyaAllah bisa ^_^
Ga ada usaha itu yang sia2...,
Sip sip...

Jawaban bisa langsung klik link berikut
https://drive.google.com/file/d/1UACIDRnjU6MpNnV7VUK678m7UeXEvyt8/view?usp=drivesdk

maaf jika ada chat yang tidak sempat dibalas

Wassalam.
Hamdi Reza
hamdireza001@gmail.com

Komentar

Unknown mengatakan…
uda pake bbm , line, atau whatsapp da ?
Anonim mengatakan…
assalamu'alaikum uda..
kapan di update blog tentang jawaban dari soal hitungan interview ini ya ?
heheh
Unknown mengatakan…
Boleh minta bahan jawabannya pak..
Ke email azhar.achmad17@yahoo.co.id
Terima kasih
Hamdi Reza mengatakan…
Nadira : ada Nadira,
Whatsapp : 085263916021
BBM : 7EA5DDE1


Anonim dan Pak Achmad :
InsyaAllah dalam Minggu ini akan diupdate jawaban interviewnya ya pak :D
the_c4rl05 mengatakan…
Saya mau minta jawaban juga..
kholis.arif@gmail.com
thanks
the_c4rl05 mengatakan…
Saya minta jawaban juga pak.
kholis.arif@gmail.com
thanks
Hamdi Reza mengatakan…
Oke mas :-)
InsyaAllah dalam minggu ini yaa
yanuar mengatakan…
pak tolong dong kirim jawabannya ke yanuaryudi01@yahoo.com tgl 1 juni saya ada panggilan interview
Anonim mengatakan…
saya minta bahan pertanyaannya dan jawabannya juga pak..
email : nessa.ricky@gmail.com
Hamdi Reza mengatakan…
Maaf mas saya baru Online
Silahkan kontak via Whatsapp atau Email ya mas,
saya jarang buka Blog soalnya, maaf ya mas,

Oke mas sip :D
Unknown mengatakan…
mas minta jawaban dari soal di atas
k99awan@gmail.com
terimakasi
Hamdi Reza mengatakan…
Maaf ya mas saya jarang buka blog,

langsung email atau Whatsapp ke nomor diatas ya mas ^_^
Insyallah akan langsung saya balas mas :-)
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum, boleh minta jawaban nya kirim email rahmatsaepaffandi@yahoo.com
Terimakasih sebelumnya
Unknown mengatakan…
z minta jawabannya gan via email,
syaifuddinwahid88@gmail.com
Unknown mengatakan…
saya minta jawabannya gan via email
syaifuddinwahid88@gmail.com
Unknown mengatakan…
Boleh saya minta jawaban dari soal-soalnya? Ini email saya e.mintuna87@gmail.com
Terimakasih sebelumnya
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum wr.wb.,kalau berkenan tolong kirim jawabanya dong Mas. Ke email : ghozalyhilman@gmail.com .Trimakasih Mas
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum wr.wb. Gan boleh minta jawabanya? Tlong kirim keemail : ghozalyhilman@gmail.com
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum wr.wb. Gan boleh minta jawabanya? Tlong kirim keemail : ghozalyhilman@gmail.com Terimakasih Gan
Unknown mengatakan…
Assalamualaikum pak, boleh saya minta jawaban dari pertanyaan di atas?
Kalau boleh tolong kirimkan ke email adityo.maulidyo@gmail.com
Terimakasih sebelumnya
Hamdi Reza mengatakan…
Maaf baru balas, buat teman2 yang pengen jawabannya silahkan wa ke nomor diatas yaa ^_^
jarang buka blog soalnya jadi kalau wa akan selalu dipantau
Unknown mengatakan…
Permisi pak, boleh saya minta jawabannya pak..terimakasih
Seputar Skripsi mengatakan…
bang boleh saya minta jawaban nya untuk bahan belajar? tolong dikirim jika tidak keberatan ke fikaaji16@gmail.com. terimakasih
Anonim mengatakan…
Bolehkan saya minta jawabannya ke email septianpenghu@gmail.com
Anonim mengatakan…
Bolehkan saya minta jawabannya ke email septianpenghu@gmail.com
Anonim mengatakan…
Bolehkan saya minta jawabannya ke email septianpenghu@gmail.com
Unknown mengatakan…
Bang saya minta jawaban untuk bahan belajar apabila tidak keberatan bisa dikirim ke pratamarizky351@gmail.com
Unknown mengatakan…
Bang minta jawabannya untuk bahan belajar osniboimau221095@gmail.com

Postingan populer dari blog ini