Moral

Assalamu’alaikum….

Salam kenal buat teman2 semua ya…

Kalau bicara MORAL, pasti kita berpikir tentang sikap, perilaku atau kebiasaan…. Kalau bicara AGAMA, mungkin teman2 ingat semua hal-hal yang religius seperti ibadah atau sejenisnya.

Pasti kita juga mengetahui bahwa dahulu Indonesia adalah Negara yang bermoral, ber-agama dan justru berpenduduk muslim terbanyak didunia, kita bangga bukan? Tapi apa yang terjadi kenyataannya sekarang?

Pesatnya perkembangan teknologi bisa mengubah kebudayaan seseorang atau justru suatu bangsa, dahulu kalau orang pakai motor adalah orang yang kaya, sekarang gimana? Walaupun udah punya rumah mewah, masih belum sempurna, selalu ingin lagi, ingin lagi dan lagi….

Perkembangan IPTEK tersebut benar-benar pesat, segala informasi dapat diakses secara cepat, dimana aja. Tapi ada akibat negatifnya, yaitu Internet, iptek ini telah banyak disalahgunakan oleh sebagian orang untuk hal-hal negatif, seperti melihat gambar-gambar porno… Mmmm… bukan rahasia lagi! Siswa SD pun juga bisa…

Lebih parahnya lagi, “Web Cam” pada internet juga telah disalahgunakan penggunaan nya, banyak yang memakai untuk hal-hal yang negatif juga… Perkembangan IPTEK ini berkembang pesat dari wilayah eropa, banyak penemuan-penemuan bangkit dari ahli eropa, maka banyak orang yang menganggap bahwa Eropa mempunyai peradaban yang pantas untuk ditiru, tapi apa yang terjadi???

Justru hal yang ditiru itu adalah hal-hal yang negatif….. Mulai dari pacaran, misalnya. Hamdi pernah memasuki ligkungan orang-orang yang senang sekali kontak ganti pacar, dan mereka juga pernah bilang bahwa “jomblo” itu ga asik, ga gaul, malahan mereka anggap bahwa pacaran itu kebutuhan nafsu belaka. Hamdi juga kaget, dan sempat memberikan pengarahan, tapi mereka juga marah.

Sekarang, setiap malam sangat banyak kendaraan roda dua yang berisi satu pasang tidak muhrim yang melakukan hal-hal layaknya suami istri, hal itu sepertinya tidak diperhatikan orang-orang, Rahasia UMUM! Aneh kan? Dimana para tokoh masyarakat? Tertidur? Sebenarnya semua kita salah, kita semua yang memerhatikannya….

Banyak hal-hal yang diluar moral telah menjadi biasa dalam kebiasaan orang2 sekarang, pacaran ini hanya nafsu belaka, mengisi waktu luang sesaat. Hamdi pernah melihat sendiri di tepi pantai, sepasang kekasih entah itu muhrim atau tidak, duduk berdua menikmati cahaya matahari tenggelam disore hari, apa yang mereka lakukan? Si wanita menyandarkan kepalanya ke bahu lali-laki, trus ada yang aneh? YA! Tangan lelaki tersebut sedang keliling dunia dari pusat kota hingga pegunungan tertingga, atau lebih parahnya, tangan lelaki tersebut berada dalam baju si wanita! WHAT..??? Cewek itu juga memakai jilbab! Astagfirullah… apa yang sedang mereka pikirkan..???

Apakah itu namanya pacaran..??? kamu setuju? Terkadang hamdi merasa jilbab itu hanya sebagai topeng islam, tapi juga ternyata belum tentu.

IPTEK pada HandPhone juga sering digunakan hal-hal yang tidak baik, banyak aktor dan artis yang baru bermunculan, baik itu antara sepasang kekasih, antara siswa-siswi, guru dengan muridnya, hingga dosen dengan mahasiswinya.

Duh?? Hamdi ga sanggup tulis lagi, terlalu banyak, dan itu adalah hal yang biasa di kota-kota besar! Dimana moral kita? Apakah kita telah lupa dengan-NYA yang maha Tahu apa yang kita lakukan? Cuma masing-masing kita yang tahu. Marilah kita berubah kearah yang lebih baik, bertaubatlah! Allah maha penerima taubat, dan ingat! Jangan ulangi kesalahan yang sama.

Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini